Langsung ke konten utama

Bagong Kussudiardja, Seniman Asal Indonesia yang Jadi Google Doodle Hari Ini



Bagong Kussudiardja, Seniman Asal Indonesia yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Bagong Kussudiardja

Hari ini pada tanggal 09 Oktober 2017 jika melihat laman penelusuran Google pasti akan menemukan sosok pria paruh baya dengan beberapa lukisan di balakangnya yang merupakan karyanya. Nampak pria tersebut memegang sebuah kuas lukis di tangannya. Gambar tersebut adalah google doodle yang muncul hari ini. Pihak google kembali mengangkat tokoh asal Indonesia  dalam Google Doodle yaitu seniman bernama Bagong Kussudiardja. Seniman Indonesia ini lahir pada 9 Oktober 1928 di Yogyakarta, hal ini berarti usianya tepat 89 tahun. Bagong Kussudiardja adalah seorang pelukis senior sekaligus seorang koreografer yang sudah banyak berkarya dan di kenal meluas di dalam dan luar negeri sebagai seniman berbakat. Dilansir dari laman google doodle, bahwa Bagong Kussudiardja mengawali perjalanan karir seninya dengan mempelajari seni, musik, dan tari Jawa.
Bagong Kussudiardja
Pada tahun 1957 hingga 1958, Bagong Kussudiardja pergi ke Amerika Serikat untuk mulai mempelajari koreografi  profesional dengan seorang koreografer legendaris bernama Martha Graham. Bagong Kussudiardja juga mempelajari tari Jepang dan India dengan baik. Dengan bekal pengalaman dan ilmu yang telah dia timba selama mempelajari berbagai koreografi dan tari di berbagai belahan dunia, Bagong Kussudiardja akhirnya mengembangkan tari tradisional Indonesia di kampung halaman.  Bagong Kussudiardja memiliki peranan penting dalam pengembangan tari tradisional di Indonesia, pada tahun 1958 ia mendirikan Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja. Selanjutnya pada 1978 Bagong Kussudiardja  juga membangun Padepokan Seni Bagong Kussudiardja di Bantul Yogyakarta.

Bagong Kussudiardja

Padepokan Seni tersebut bersifat terbuka dan bisa bebas dikunjungi oleh masyarakat umum. Bahkan tempat itu juga pernah menjadi latar film Ada Apa dengan Cinta 2 yang sudah ditayangkan di bioskop pada tahun 2016 lalu. Untuk mengenang sang seniman multitalenta tersebut maaka didirikan sebuah patung Bagong Kussudiardja di tengah komplek Padepokan Seni Bagong Kussudiarja di Bantul, Yogyakarta. Dua tokoh seni terkenal Indonesia Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto merupakan anak dari Bagong Kussudiardja. Selama perjalanan karirnya, Bagong Kussudiardja telah menciptakan koreografi lebih dari 200 tarian. Bukan hanya pandai koreografi, bahkan Bagong Kussudiardja juga dikenal dengan lukisan batiknya Sayangnya sang seniman ini tutup usia pada tahun 2004.


 
Bagong Kussudiardja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan Disaat Liburan di Kampung Inggris Pare

Apakah Bahasa Persia Dan Bahasa Arab adalah Bahasa yang Sama?

Waktu Yang Dibutuhkan Seseorang Untuk Belajar Bahasa Arab Jika Bisa Membaca Quran Dengan Lancar